Friday, October 7, 2022
spot_img
HomeGaya HidupPernah Dengar Tradisi Petik Laut?

Pernah Dengar Tradisi Petik Laut?

Salam Satu JiwaPetik Laut, Petik laut merupakan suatu upacara adat ataupun ritual selaku rasa syukur kepada Tuhan, serta buat meminta berkah rezeki serta keselamatan yang dilakukan oleh para nelayan. Biasanya, aktivitas ini diadakan di segala pulau Jawa.

Petik Laut ini merupakan peninggalan leluhur yang diucap selaku sedekah warga terhadap laut yang sepanjang satu tahun jadi tempat mereka mengais rezeki. Tiap tahun para nelayan setempat melakukan kegiatan adat Petik Laut.

Sama dengan perayaan tradisi petik laut yang lain, mereka melarung sesaji ke tengah laut memakai perahu. Sesaji yang dilarung nelayan diangkut dengan memakai perahu mini. Sesaji tersebut kepala sapi dan beberapa hasil bumi serta laut.

Tradisi ini diselenggarakan selaku rasa syukur atas limpahan hasil laut para nelayan sepanjang setahun. Petik Laut ini merupakan peninggalan leluhur yang diucap selaku sedekah warga terhadap laut yang sepanjang satu tahun jadi tempat mereka mengais rezeki. Tiap tahun para nelayan setempat melakukan kegiatan adat Petik Laut.

Tradisi Petik Laut

Bagaimana Petik Laut Dilakukan?

Ritual dimulai pembuatan sesaji oleh sesepuh nelayan. Setelah itu perahu kecil (perahu sesaji) disiapkan serta terbuat seindah bisa jadi mirip kapal nelayan yang biasa digunakan melaut, setelah itu sesaji tersebut di hanyutkan ke laut.

Dalam upacara petik laut para nelayan menghias perahu seindah bisa jadi, tidak hanya itu bermacam perayaan- perayaan yang dilaksanakan semacam halnya mengadakan pengajian, orkes dangdut, serta sebagainya cocok kemauan para nelayan di tiap- tiap wilayah. Di Madura, seluruh jenis bahan yang dihanyutkan memiliki nilai filosofis kehidupan tiap hari.

Di Mana Petik Laut Sering Dilakukan?

Petik laut, umunya dilakukan pada bulan suro di wilayah pesisir seperti di Banyuwangi, Jawa Timur, petik laut diadakan pada hari Rabu terakhir pada bulan Sapar, yang dikira selaku hari turunnya wabah penyakit serta bencana.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

laginaik.com
kawulagaya.com
malangsport.com
giatekno.com

Recent Comments