Friday, October 7, 2022
spot_img
HomeBerita EkonomiHindari Penyebaran PMK Seluruh Pasar Hewan di Jember Tutup

Hindari Penyebaran PMK Seluruh Pasar Hewan di Jember Tutup

Salam Satu JiwaMalang, Hindari Penyebaran PMK Segala Pasar Hewan di Jember Tutup. Bupati Jember Hendy Siswanto menyetujui usulan pasar hewan tutup sedangkan waktu buat menghindari penyebaran wabah penyakit mulut serta kuku (PMK).

“Memang kami kemarin mau menutup pasar hewan sebelum Iduladha. Tapi kami memutuskan setelah Iduladha. Alhamdulillah sekarang naiknya (jumlah sapi yang tertular) mulai sedikit,”

Lebih dahulu, Anggota DPRD Jember, Nurhasan menganjurkan penutupan pasar hewan pada momen rapat paripurna.

“Peternak sapi meminta agar pasar hewan sementara ditutup dulu, karena masyarakat sudah bisa menilai bahwa yang mempercepat penularan PMK adalah blantik-blantik (pedagang hewan) yang sering turun ke kandang-kandang. Setiap kandang yang didatangi blantik, sapinya kena PMK. Jadi saya mohon ada ketegasan seperti Kabupaten Lumajang, pasar hewan ditutup sementara,” katanya.

Perihal senada di informasikan anggota dewan dari PAN, Nyoman Aribowo yang menerima banyak keluhan dari warga.

“Sapi mereka bergelimpangan. Kami ikut pusing luar biasa,” katanya.

Komisi B DPRD Jember telah berjumpa dengan Dinas Peternakan serta Ketahanan Provinsi Jawa Timur minggu kemudian buat bertanya soal penangana wabah PMK ini.

“Yang perlu segera dilakukan adalah penyaluran BTT (Belanja Tak Terduga). Surat Keputusan Bupati (soal kedaruratan bencana) saya dengar sudah,” kata Nyoman.

Nyoman berkata, para peternak memerlukan waktu lama buat menyembuhkan sapi- sapi yang terserang PMK. Pemprov juga mengucurkan dana dorongan tunai buat peternak yang terdampak.

“Karena mereka mengobati sendiri dalam durasi panjang. Begitu mereka tidak mampu, kolaps, sapinya mati,” katanya.

Nyoman berharap ada kebijakan bantuan tunai untuk peternak terdampak. “Ini sudah sangat parah dan kemampuan finansial untuk mengobati juga kurang. Kami mohon, selain kecepatan penyaluran, BTT disertai bantuan tunai untuk peternak,” katanya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

laginaik.com
kawulagaya.com
malangsport.com
giatekno.com

Recent Comments