Friday, October 7, 2022
spot_img
HomeBerita EkonomiPMK : 16 Ribu Lebih Ternak di Kabupaten Malang Terpapar PMK

PMK : 16 Ribu Lebih Ternak di Kabupaten Malang Terpapar PMK

Salam Satu JiwaMalang, Terdapat sebanyak 16.788 ternak di Kabupaten Malang Jawa Timur (Jatim) positif menderita penyakit mulut serta kuku (PMK). Dari jumlah itu, 151 ekor mati.

Setelah itu sebanyak 202 ekor dipotong paksa. Oleh karena itu pemkab setempat menggeber program vaksinasi. Dari jumlah sapi yang terpapar itu, 11. 760 ekor ataupun 70 persen telah sembuh.

Berita ini di informasikan Bupati Malang Sanusi. Dia berkata banyak ternak masyarakat yang sembuh saat ini ini sehabis ditangai sungguh- sungguh Dinas Peternakan serta Kesehatan Hewan setempat.

“Sudah banyak yang sembuh. Laporan dari Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ke saya, ada 70 persen yang sudah sembuh,” kata Sanusi, dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Selasa (19/7/2022).

Sanusi bilang, hewan ternak yang masih sakit dikala ini dalam proses pengobatan. Sedangkan bersumber pada informasi Sistem Data Kesehatan Hewan Indonesia( SIKHNAS), kata Sanusi, permasalahan PMK di Kabupaten Malang lumayan besar.

Terdapat 16. 788 ekor sapi ternak masyarakat yang terpapar. Dari jumlah tersebut, 151 ekor mati serta 202 ekor dicoba potong paksa. Mengacu pada informasi pula, hewan ternak yang terindikasi PMK dikala ini masih 4. 675 ekor.

“Masih ada yang terpapar. Kami terus lakukan upaya untuk penyembuhan dengan memberikan obat serta vitamin pada hewan ternak yang terindikasi PMK,” ujarnya.

“Selain itu kita lakukan upaya pencegahan dengan penyemprotan disinfektan pada kandang ternak, sehingga virus PMK tersebut tidak menyebar,” beber Sanusi.

Spesial buat disinfektan, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Malang sudah menerima cairan disinfektan dari rekanan penyedia benda.

“Total disinfektan yang diterima yaitu 1.110 liter, itupun langsung didistribusikan kepada para peternak untuk kemudian disemprotkan ke kandang. Agar virus PMK dan virus-virus lainnya tidak sampai menulari hewan,” ucapnya.

Tidak hanya membagikan disinfektan, Dinas Peternakan serta Kesehatan Hewan pula terus melaksanakan vaksinasi terhadap segala hewan ternak sapi.

Buat daerah Kabupaten Malang sasaran sapi perah yang memperoleh vaksinasi PMK beberapa 56. 900 ekor. Hingga dengan kemarin vaksinasi telah diberikan kepada 54. 036 ekor.

“Laporan perhari ini capaian vaksin PMK sudah 95 persen. Ini terus kita genjot pelaksanaannya. Paling tidak sepekan lagi, seluruh sapi perah di Kabupaten Malang sudah tervaksin semuanya,” ujarnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

laginaik.com
kawulagaya.com
malangsport.com
giatekno.com

Recent Comments