Friday, October 7, 2022
spot_img
HomeBerita KriminalKabupaten Malang Darurat Kekerasan Seksual Mayoritas Korban Anak

Kabupaten Malang Darurat Kekerasan Seksual Mayoritas Korban Anak

Salam Satu JiwaMalang, Angka permasalahan kekerasan intim terhadap anak di Kabupaten Malang masih besar, selama 2022. Apalagi cenderung hadapi kenaikan dibanding tahun lebih dahulu.

Berdasar informasi dari Unit Proteksi Wanita serta Anak (UPPA) Satreskrim Polres Malang, permasalahan kekerasan intim anak di dasar usia pada 2022 hadapi kenaikan signifikan.

Informasi Januari sampai Juli 2022 ini, terdapat 132 masalah kekerasan pada wanita serta anak. Dari jumlah tersebut, 40 masalah merupakan permasalahan kekerasan intim, di mana 35 korban merupakan kanak- kanak di dasar usia.

“Dari 134 masalah itu, terdapat 5 masalah di mana pelakunya merupakan kanak- kanak. Kemudian 35 anak anak jadi korban kekerasan intim,” kata Kanit UPPA Satreskrim Polres Malang, Aiptu Erleha mengutip dari Beritajatim. com, Sabtu (23/7/2022).

Sedangkan, 11 orang merupakan terdakwa kekerasan intim yang memiliki latar balik orang dekat dengan korban, ialah saudara, paman, bapak tiri.

“Artinya perkara kekerasan seksual pada anak ini masih bisa bertambah hingga akhir tahun ini,” tegas Erleha.

Erleha menegaskan, kasus kekerasan seksual tahun ini meningkat dibanding 2021. Di tahun lalu, jumlah perkara kekerasan seksual tercatat 65 kasus. Sementara 8 pelaku adalah orang terdekat.

“Perkara seksual dengan korban anak dan pelaku orang terdekat karena keluarga yang tidak utuh. Bisa karena broken home, keluarga mereka bekerja jadi TKW dan faktor lain anak anak biasanya diasuh bukan oleh orang tuanya sendiri, melainkan kerabat dekatnya,” papar Erleha.

Erleha menambahkan, UPPA Satreskrim Polres Malang gencar melakukan sosialisasi sejumlah perkara seksual. Baik itu disekolah, lembaga dan juga Pondok Pesantren.

“Kami jemput bola melakukan sosialisasi pencegahan di sejumlah Ponpes, hal ini untuk mengurangi kasus tindak dipidana asusila,” ujarnya.

“Peran orangtua, lingkungan, dan masyarakat harus benar-benar maksimal untuk melindungi anak-anak sebagai generasi bangsa ini,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

laginaik.com
kawulagaya.com
malangsport.com
giatekno.com

Recent Comments